Latest News

Informasi seputar panel surya Tenaga Matahari dan Angin .

Panel surya tenaga matahari dan angin Akankah sebuah panel surya menghasilkan listrik pada hari mendung / berawan?

Ya, sebuah panel surya tidak menghasilkan listrik ketika tidak ditempatkan dibawah terpaan terang sinar matahari. Pada hari berawan yang normal selalu ada cukup sinar yang disebut "diffuse light", dimana panel akan dapat menghasilkan listrik. Namun, efisiensi produksi listrik tidak setinggi ketika panel ditempatkan dibawah terang terik sinar matahari.


Akankah panel surya bekerja di ditempat yang dingin?

Ya, panel surya dapat bekerja ditempat yang dingin, karena konsep pembentukan energi listrik dari panel surya adalah pada intensitas terpaaan cahaya bukan karena panas.


Apakah panel surya menghasilkan pasokan listrik selama 24 jam sehari?

Tidak, konsep kerja panel surya adalah mengubah cahaya menjadi listrik. Sehingga pada malam hari panel surya tidak akan bekerja karena kurangnya cahaya.


Berapa besar ukuran panel surya yang saya butuhkan?

Hal ini tergantung pada beban kebutuhan listrik anda sehari-hari yang mana panel surya telah terhubung dengan baterai sebagai tempat penampungan energi. Anda akan perlu untuk menghitung jumlah kebutuhan listrik anda dalam hitungan watt per jam atau ampere per jam yang Anda gunakan dalam jangka waktu tertentu (lihat FAQ Bagaimana menghitung kebutuhan solar panel Anda), kemudian memiliki gambaran kasar tentang jumlah sinar matahari yang efektif untuk penyerapan energi dari panel surya Anda setiap harinya. Anda harus menghitung lebih untuk efektifitas penyerapan energi Panel surya sekitar 20% lebih dari kebutuhan Anda untuk mengkompensasi variabel, dari keadaan seperti hari berawan, hujan atau hari yang akan memiliki jam sinar matahari per hari lebih pendek dibandingkan musim panas, tetapi Anda dapat mengkalkulasi panel surya bekerja pada rata-rata sekitar 4 - 5 jam penyinaran sinar matahari yang efektif setiap harinya.


Apa yang dimaksud dengan dioda pemblokir arus?

Ini adalah komponen elektonik yang terhubung melalui kabel yang fungsinya mencegah panel surya memakai arus dari baterai saat cahaya matahari tidak ada.


Apa yang dimaksud dengan Charge controller?

Perangkat ini mengontrol pasokan energi dari panel surya ke baterai. Bila baterai terisi penuh controller akan memutus arus penyimpanan secara otomatis dari panel surya ke baterai. Dan akan mengisi energi listrik ke baterai jika pasokan energi baterai berkurang. Sehingga alat ini melindungi baterai dari "over heating" akibat kelebihan arus, sehingga baterai lebih awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang relatif lebih lama.


Apakah saya perlu menggunakan Charge Controller?

Kami sangat merekomendasikan untuk dipasang pada setiap penggunaan panel surya yang memakai baterai sebagai media penyimpanan energi listrik.


Apa yang dimaksud dengan Power Inverter?

Sebuah inverter 12v atau 24v mengambil arus DC (direct current) dari baterai dan merubah tegangan listrik menjadi 220V AC (Alternating current). Inverter memiliki 2 peringkat rating konstan maksimum dan peringkat puncak inverter 500-1000watt terus dapat dijalankan pada maksimal 500 watt dan memiliki puncak maksimum 1000 watt. Rating puncak biasanya digunakan ketika sebuah alat dimulai.


Apa yang dimaksud dengan Modified Sine Wave Inverter?

Sebuah Inverter jenis Gelombang Sinus Modifikasi (atau disebut Quasi Sine Wave Inverter) menghasilkan pasokan listrik AC (arus bolak balik) yang dimodifikasi dari pasokan 12VDC atau 24VDC. Seperti namanya pasokan arus jenis ini tidak mirip dengan pasokan arus listrik sebenarnya. Tetapi Inverter ini harganya lebih terjangkau dan cukup untuk sebagian besar aplikasi, tetapi tidak akan berjalan dengan baik untuk aplikasi berikut seperti:

  • High voltage cordless tool chargers( Alat untuk pengisi arus tegangan tinggi tanpa kabel).
  • Variable speed motors (Motor pengerak dengan pengaturan kecepatan).
  • Electric shavers (Alat cukur listrik).
  • Garage door openers (Pembuka pintu garasi listrik).
  • Fluorescent tubes with ballasts ( Lampu - lampu neon dengan ballast).
  • Kulkas / Freezers, dll.


Bila menggunakan Inverter jenis gelombang sinus dimodifikasi dengan perangkat yang memiliki transformator dalam pasokan listrik mereka seperti Oven Microwave, TV, Komputer, dll. Maka alat tersebut akan menimbulkan panas yang berlebih dan kurang efisien, gangguan lain yang dapat ditimbulkan seperti gangguan melalui sistem audio / visual dan seperti jam digital tidak akan menjaga waktu menjadi tetap akurat.

Apa yang dimaksud dengan Pure Sine Wave Inverter atau True Inverter?

Sebuah Inverter Gelombang Sinus Murni (kadang-kadang disebut sebagai True Sine Wave Inverter) menghasilkan pasokan listrik AC yang berkualitas dari pasokan arus baterai 12VDC atau 24VDC. Listrik yang dihasilkan ini akan menjalankan alat apapun tanpa gangguan, dan karena itu yang paling cocok untuk digunakan dengan peralatan elektronik yang sensitif seperti contohnya memungkinkan motor untuk berjalan lebih cepat, lampu lebih tenang dan kulkas lebih dingin, mencegah crash komputer, meredam suara desis & gelombang di monitor, TV, Game konsol, dll. Singkatnya Pure Sine Wave Inverter adalah alat terbaik yang memasok sumber daya yang handal untuk semua peralatan & perangkat elektronik. .


Berapa ukuran Inverter yang saya butuhkan?

Ketika memilih inverter, pastikan itu benar dinilai cocok untuk alat Anda. Periksa peralatan listrik Anda dan spesifikasi kebutuhan secara manual dan kemudian memilih model yang memiliki rating daya terus menerus yang melebihi kebutuhan peralatan Anda. Aturan praktis yang baik adalah untuk memilih Inverter yang melebihi kapasitas kebutuhan sekitar 20%. Jika Anda berencana untuk penambahan perangkat dengan tambahan daya dari inverter Anda, tambahkan lagi jumlah daya listrik (watt) dari semua perangkat yang akan dipasang, tambahkan setidaknya 20%, dan ukuran inverter yang sesuai. Saat menjalankan microwave pastikan Anda membaca peringkat daya listrik microwave Anda dengan benar, rating daya memasak akan lebih rendah dari power rating yang sebenarnya. Power rating (watt) sebenarnya biasanya dapat ditemukan pada label di bagian belakang setiap peralatan elektronik. Freezer / kulkas yang sedikit lebih rumit untuk menghitung ukuran daya inverter, karena kulkas dapat menarik sampai sepuluh kali rating daya mereka ketika kompresor mulai bekerja .


Yang paling penting untuk diingat ketika memilih inverter Anda adalah dengan melihat hati-hati pada power rating terus-menerus dalam spesifikasi listrik inverter, surge power rating hampir dapat diabaikan dan tidak boleh digunakan untuk menghitung daya Inverter.

Untuk Contoh:

  • Power Inverter 150W kami akan terus berjalan pada 150 watt, dengan lonjakan arus sampai 300 watt.
  • Power Inverter 300W kami akan terus berjalan pada 300 watt, sampai dengan lonjakan arus 600 watt.
  • Power Inverter 1000W kami akan terus berjalan pada 1000 watt, dengan sampai lonjakan arus dengan 2000 watt.
  • Power Inverter 3000W kami akan terus berjalan pada 3000 watt, sampai dengan lonjakan arus 6000 watt.

Harap diketahui: Inverter hanya akan beroperasi sampai pada kapasitas lonjakan mereka untuk waktu terbatas dan kemudian akan mati.


Menjalankan inverter akan melepaskan kelebihan kerja dari baterai, tetapi kebanyakan inverter memiliki perlindungan pada baterai atas kelebihan debit pengisian. Setelah baterai Anda turun ke titik tertentu inverter akan membunyikan alarm atau shutdown untuk membritahukan pengguna mengetahui daya baterai semakin rendah.

Penting untuk diingat bahwa untuk mendapatkan kinerja terbaik dari inverter sumber baterai yang baik diperlukan.

Kebanyakan Inverter memindahkan arus secara terus menerus pada saat mulai diaktifkan, bahkan ketika tidak ada yang terhubung ke output. Sisa arus ini dapat siaga sekitar 0,3-1A atau lebih tergantung pada ukuran inverter. Arus ini mungkin kelihatannya tidak tampak banyak, tetapi jika inverter dibiarkan diaktifkan selama 24 jam dan memiliki arus siaga dari 1Ah maka bisa menguras 24Amps dari baterai sehingga sangat penting untuk mematikan inverter jika tidak digunakan untuk menghemat energi yang tersimpan di dalam baterai.

Apa yang dimaksud dengan Grid-tied Inverter?

Sebuah Inverter model Grid-tie berfungsi mengubah arus panel surya ke pasokan listrik 220VAC secara langsung terhubung ke unit peralatan. Inverter ini biasanya memiliki panel yang lebih besar dihubungkan secara rangkaian seri. Tergantung pada ukuran rangkaian Inverter Grid-tied ini dari panel surya yang kemudian dihubungkan secara paralel dengan inverter Grid-tied. .


Dapatkah peralatan digunakan langsung dari panel surya?

Ya, panel surya akan menjalankan peralatan secara langsung, seperti menjalankan kipas angin & pompa, tetapi pastikan beban peralatan tidak lebih besar dari output panel surya, hari yang mendung atau berawan akan mengurangi output. Tidak direkomendasikan untuk menjalankan TV atau radio yang (tanpa baterai cadangan) dengan panel surya langsung, karena mereka membutuhkan tegangan lebih stabil.


Bagaimana Pemeliharaan yang diperlukan pada panel surya?

Bersihkan menggunakan pembersih non-abrasif. Dalam jangka panjang memeriksa penyegelan terutama dalam penggunaan di laut dan lapisi ulang dengan sealant silikon jika ditemukan kerusakan lapisan pelindung korosi. Periksa koneksi baterai secara berkala saat Anda memeriksa tingkat baterai. Fuse dan koneksi harus tetap kering dan bersih.


Apakah masalah yang mungkin timbul pada Panel Surya?

Kegagalan panel surya biasanya karena kerusakan diakibatkan oleh air atau koneksi yang terputus. Juga kerusakan pada lapisan silikon pelindung (sealant) disekitar rangka panel. Posisi pemasangan panel yang tidak benar. Jika tetap horizontal mungkin dapat mengumpulkan air. Kondisi sirkulasi celah udara yang tidak benar di bawah panel juga dapat menyebabkan kerusakan. .


Masalah apakah yang mungkin timbul dengan pemasangan panel surya?

Cobalah untuk memperbaiki posisi panel yang terpasang horizontal karena akan menampung air hujan dalam bingkai sehingga mengurangi kemampuan dari solar panel. .


Bagaimana menghitung kebutuhan solar panel Anda

  • Perhitungan keperluan daya listrik.
  • Informasi daya listrik setiap perangkat elektronik biasanya tertera pada label perangkat tersebut.

Contoh Kasus :

Rumah tangga mempunyai beban kebutuhan pemakaian listrik:

  • Penerangan rumah : 10 lampu LED @ 6 Watt x 10 jam sehari = 600 Watt hour.
  • Televisi 21″: @ 100 Watt x 5 jam sehari = 500 Watt hour
  • Kulkas 360 liter : @ 135 Watt x 24 jam x 1/3 = 1080 Watt hour
  • (Catatan : 1/3 adalah estimasi perhitungan karena compressor kulkas tidak selalu hidup, umumnya mereka bekerja lebih sering apabila kulkas lebih sering dibuka pintu).

  • Komputer : @ 150 Watt x 6 jam = 900 Watt hour
  • Perangkat lainnya = 400 Watt hour
  • Total kebutuhan daya = 3480 Watt hour

Perhitungan jumlah solar cells panel yang dibutuhkan:

Dipakai panel solar cell dengan daya 100 Watt Peak per modul (dengan asumsi perhitungan penyinaran matahari efektif adalah 5 jam), maka kebutuhan solar panel adalah :

  • 3480 Wh : 100Wp : 5 jam = 7 unit Panel Surya @100Wp.
  • Perhitungan jumlah kebutuhan baterai (Aki) 12 Volt dengan kapasitas @100 Ah:
  • Preventive perawatan Aki agar lebih awet tahan dalam jangka waktu lama, asumsi kebutuhan energi baterai hanya digunakan 50% untuk pemenuhan kebutuhan listrik, dengan demikian kebutuhan daya kita kalikan 2 x lipat : 3480 x 2 = 6960 Watt hour

  • 6960 Wh : 12Volt : 100 Ah = 6 unit Aki @100 Ah.
  • Kebutuhan baterai sebagai cadangan dengan pertimbangan dapat melayani kebutuhan 3 hari tanpa adanya asupan energi karena kurangnya sinar matahari mungkin karena hujan atau mendung).

  • 3480Wh x 3hari x 2 = 20880 Watt hour
  • 20880 : 12 Volt : 100 Ah = 17 Unit Aki @100 Ah.

Rumus Menghitung listrik dengan menggunakan arus dan tegangan

Daya = Arus x Tegangan sehingga Rumusnya : P = I x V

atau

I = P : V

atau

V = P : I

dimana:

P = daya dalam watt (W) P = daya dalam miliwatt (mW).

V = tegangan dalam volt (V) V = tegangan dalam volt (V).

I = arus dalam ampere (A) I = arus dalam milliamps (mA).


Kami berharap FAQ, telah membantu dan jangan ragu untuk menghubungi kami melalui e-mail atau telepon jika Anda memerlukan asisten lanjut.

<