Latest News

Lampu LED merupakan alat listrik hemat energi dengan Harga yang murah dan terjangkau.

Lampu led hemat energiPada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang Lampu LED Hemat Energi, Mungkin banyak dari sahabat yang belum tau apa itu LED…????.

Ya, kan?. 

Baiklah, Kata LED (Light Emitting Diode) adalah suatu lampu indikator dalam perangkat elektronika yang biasanya memiliki fungsi untuk menunjukkan status dari perangkat elektronika tersebut. 

Seperti terdapat pada komputer, terdapat lampu LED power dan LED indikator untuk processor, atau dalam monitor terdapat juga lampu LED power dan power saving.

Lampu LED terbuat dari plastik dan dioda semikonduktor yang dapat menyala apabila dialiri tegangan listrik rendah (sekitar 1.5 volt DC). Bermacam-macam warna dan bentuk dari lampu LED, disesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya.


Keungulan yang dimiliki lampu LED

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki Lampu LED di bandingkan dengan lampu konvensional yang sebelumnya kita gunakan (Seperti : neon, bohlam dan lainnya) yaitu konsumsi listrik yang kecil dan lifetime yang panjang, sehingga lampu Led layak disebut sebagai lampu masa depan dianggap dapat menekan pemanasan global karena efisiensinya.


Cara kerja Lampu LED :

  • Arus yang di hasilkan se arah (DC).
  • Tegangan listrik rendah (1.5 Volt DC).
  • Hanya memerlukan Tegangan kecil untuk beroperasi (tidak terlalu besar tegangan).

Fungsi Lampu LED

LED (Light Emitting Diode) merupakan sejenis lampu yang akhir-akhir ini muncul dalam kehidupan kita. LED dulu umumnya digunakan pada gadget seperti ponsel atau PDA serta komputer.

Lampu LED sekarang sudah digunakan untuk:

  1. Penerangan untuk rumah.
  2. Penerangan untuk jalan.
  3. lalu lintas.
  4. advertising.
  5. interior/eksterior gedung.

Seperti yang kita lihat Kualitas cahayanya memang berbeda dibandingkan dengan lampu TL atau lampu lainnya. Tingkat pencahayaan LED dalam ruangan memang tak lebih terang dibandingkan lampu neon, inilah mengapa LED dianggap belum layak dipakai secara luas.

Untungnya para ilmuwan di University of Glasgow menemukan cara untuk membuat LED bersinar lebih terang. Solusinya adalah dengan membuat lubang mikroskopis pada permukaan LED sehingga lampu bisa menyala lebih terang tanpa menggunakan tambahan energi apapun.

Dengan memberikan lubang tersebut menerapkan sistem nano-imprint litography yang sampai saat ini proyeknya masih dikembangkan bersama-sama dengan Institute of Photonics.

pada zaman sekarang ini beberapa jenis lampu LED sudah dipasarkan oleh Philips. Anda bisa menemui beberapa model lampu LED bergaya bohlam yang hadir dalam warna putih susu dan juga warna-warni.

Daya yang diperlukan lampu jenis ini hanya sekitar 4-10 watt saja dibandingkan lampu neon sejenis yang mencapai 12-20 watt. Jika dihitung secara seksama memang bisa diakui bahwa lampu LED menggunakan daya yang lebih hemat daripada lampu TL.


ac dc led driver Seperti yang kita lihat gambar ini adalah AC – DC LED Driver.

Pada rangkaian LED dapat didesain dengan cara menyusun LED dalam kombinasi seri – paralel, namun yang perlu diperhatikan adalah jumlah tegangan yang diperlukan seluruh LED dalam rangkaian tadi.

Bila sumber tegangan tidak cukup/kurang, maka beberapa LED akan tidak menyala atau redup.. Sebaliknya, bila tegangan yang diberikan terlalu besar akan berakibat kerusakan pada LED pada rangkaian LED ditambahkan sirkuit pengontrol yang dikenal dengan istilah LED Driver.

LED Driver berfungsi sebagai regulator penstabil tegangan untuk mengatur efisiensi berbanding intensitas cahaya pada LED, tergantung pada mutu dan kwalitas, led driver yang baik dapat memaksimalkan usia pakai pada lampu led.


Keuntungan menggunakan lampu Led dibandingkan pijar biasa :

  1. Dengan menggunakan lampu LED kita bisa menghemat tagihan listrik karena lampu pijar hanya bisa mengubah sekitar 8 % dari konsumsi listrik yang digunakan menjadi cahaya. Bandingkan dengan lampu LED yang bisa mengubah dua kali lipatnya yaitu sekitar 15-25% .
  2. LED menghasilkan panas lebih sedikit. Dengan begitu selain hemat konsumsi listrik dari lampu juga hemat untuk konsumsi lsitrik pendingin.
  3. Panas yang dihasilkan lampu yang sering kita gunakan selain tidak nyaman untuk mata juga bisa merubah warna dekorasi rumah.

Beberapa manfaat mengunakan lampu LED :

  1. Kualitas dari pencahaan lampu dan manajemen panas LED lebih baik.
  2. Lampu LED bebas dari bahaya merkuri jadi sangat aman digunakan dimana saja.
  3. Lampu LED jauh lebih tahan lama, 60 kali dari lampu pijar dan 10 kali dari lampu neon.
  4. Lampu LED memiliki desain yang elegan, bahkan bisa memperindah interior di ruangan.

Lampu led light bulbs 100 wattGambar ini adalah LED Light Buld, Dari segi harga, Lampu CFL kualitas bagus 8 Watt adalah sekitar Rp. 28,000. dan harga lampu LED 3 Watt adalah sekitar Rp. 80.000. Jadi harga lampu LED kurang lebih 3 kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan lampu CFL sedangkan daya tahan LED lebih lama 6 kali.

Lampu LED memiliki lifespan lebih dari 35.000 jam, bandingkan dengan lampu CFL (Compact Fluorescent Lamp) yang hanya 6.000 jam. Dengan penggunaan energi yang lebih kecil, penawaran yang sangat menarik. Lampu CFL 8 Watt setara dengan lampu LED 3 Watt.

Standar lampu CFL yang efisien memiliki 14 – 17 Lumens / Watt (Lumens adalah ukuran cahaya oleh mata manusia). Lampu LED memiliki 60 – 100 Lumens / Watt. Dengan lampu LED 3 Watt x 60 Lumens = 180 Lumens, 8 Watt CFL x 17 Lumes = 136 Lumens.

Lampu LED juga dapat dioperasikan menggunakan arus bolak balik (Alternating Current) 100 – 240 Volt (listrik untuk rumah). Untuk itu lampu LED memiliki sirkuit internal (LED Driver) untuk mengubah AC menjadi DC sekaligus penstabil tegangan. Dari konversi tersebut dihasilkan panas, yang disalurkan dengan sirip-sirip pendingin heatsink pada framenya.


Sekian artikel tentang Lampu LED hemat Energi.

<